Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meningkatkan Kepercayaan Tim

Cara Meningkatkan Kepercayaan Tim


Meningkatkan kepercayaan Dalam Tim adalah hal yang paling utama dan harus dipahami oleh setiap pemimpin di tempat kerja. Kurangnya kepercayaan antar anggota dapat menyebabkan perfoma buruk pada karyawan. 

Supaya menghindari hal diatas, alangkah baiknya pemimpin mengetahui cara-cara dibawah ini untuk meningkatkan kepercayaan dalam anggota tim. 
 
1. Memberikan Kepercayaan 
Hal yang paling utama tentu memberikan kepercayaan dulu kepada mereka, saat mereka merasa sudah dipercayai oleh atasan, tentu mereka akan membalas dengan kepercayaan lebih tinggi dari yang engkau berikan. 

Cara mudah untuk memberikan kepercayaan adalah mengikutsertakan mereka dalam mengambil keputusan apapun, dan juga biarkan mereka ikut bersuara karena kita tak tau bahwasanya suara mereka juga baik. 

2. Jangan menyalahkan Anggota 
Kesalahan tentu sering terjadi dalam kerja tim, dan itu adalah hal wajar. Namun, bukan berarti kamu seenaknya menyalahkan mereka, ingat bahwa setiap kerjaan pasti ada human eror yang dimana jangan langsung menyalahkan melainkan tetap berikan himbauan terlebih dahulu, dan mereka akan bertanggung jawab akan kesalahannya tersendiri. 

3. Cobalah lebih transparan 
Transparasi menunjukan bahwa kamu adalah pemimpin yang bisa mempercayai anggota tim. Transparan ini sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan, karena mereka juga ingin mengetahui jelasnya bagaimana, dengan begitu mereka juga bakalan menghargai apa keputusan yang kamu ambil. 

4. Jaga kepuasan 
Kepuasan kerja karyawan ini harus kalian jaga dan tentu kalian harus cukup dengan usahanya, tentu setiap karyawan bakalan meningkatkan kinerja mereka dalam bekerja namun itu bertahap, tak bisa langsung tinggi. Misalnya dari budaya kerja, fleksibilitas, hingga apresiasi. 

5. Menunjukan rasa tanggung jawab 
Sebagai pemimpin, kalia harus siap bertanggung jawab dalam segala keputusan dan hasil kerja karyawan, dengan menunjukan rasa tersebut tentu kamu akan lebih dihormati sebagai pemimpian. Karyawan akan lebih termotivasi untuk bekerja lebih giat karena dukungannnya, namun karyawan juga memiliki tanggung jawab atas setiap tindakannya. 
 
6. Kenali anggota tim 
Cara yang ke 6 adalah mengenali anggota tim, misalnya dengan sering mengadakan acara khusus untuk berdiskusi Bersama tentang pekerjaan dan pribadi, bahkan bersosialisasi setelah bekerja, nah disini tentu kalian sebagai pemimpin bakalan paham apa dan gimana jawaban mereka tentang diskusi tersebut. 

7. Menjunjung kejujuran 
Cara terakhir adalah menjunjung tinggi kejujuran, yang dimana Ketika memang perfoma karyawan kalian kurang bagus, kalian tak perlu menutupinya, cobalah jujur dan beritahu kesalahan mereka, dan bantu mereka mencari solusi dari kesalahan tersebut. 

Dengan mengutamakan kejujuran ini, pasti hubungan antar karyawan bakalan lebih harmonis dan meningkat lebih tinggi kejujuran 

Itulah beberapa cara dan tips meningkatkan kepercayaan anggota tim, semoga membantu dalam menjadi pemimpin agar lebih baik dan dipercaya.

Post a Comment for "Cara Meningkatkan Kepercayaan Tim "